Friday, August 13, 2010

Mengembalikan Folder yang ter-hidden Virus Shortcut

Seminggu lebih saya stres bukan kepalang, karena komputer kerja terkena virus shortcut, setiap memasukkan flash disk tiba-tiba data menghilang dan berganti deretan file *.lnk (shortcut) awalnya hanya pada flashdisk saja, tanpa saya sadari bahwa Hard Disk Portable saya juga tertancap.. wooop begitu saya buka, nasibnya sama dengan 3 flashdisk saya yang lain. Panik, stresss karena hardisk ini hard Disk kerja plus data-data penting.  Lumayan sih datanya sekitar 150 GB... mupeng rasanya

Setelah berkutat dengan Mister Google berhari-hari, ngikutin setiap tips yang ada, mulai dari yang sederhana sampai yang kompliketet, akhirnya virus bisa di hilangkan memakai AVIRA Update paling baru (pada hari itu). Ok satu masalah selesai, virus berhasil dieksekusi. Tapi masalahnya DATA di Hard Disk Portabel tetap tidak kembali, tetap berisi file shortcut.

Setelah jungkir balik ngeGugling (biar terkesan rada dramatis gitu) akhirnya ketemu Situs ilmugratisan dot com, dan metode yang di tawarkan benar-benar sederhana hanya sebaris perintah DOS yang pernah saya kenal sekitar 15 tahun lalu... setengah tidak yakin saya coba juga eeee.. ladalah ternyata cos pleng... walah buanyak tips rumit dicoba, ternyata solusi jitunya hanya sederhana sekali. SALUT saya sama pemilik Situs ini.

Nah metode yang dipakai mengembalikan folder yang terhiden akibat virus hanya memakai perintah dos berikut

1. Click START button -> RUN
2. Ketik CMD (untuk memunculkan layar/jendela DOS)
3 Pada Layar Dos Command ketikkan Huruf (alamat )drive dimana Letak Flash/Hardisk Portabel diletakkan
misalnya di Dirve E:\ ya ketikan E: (tanpa spasi) lalu selanjutnya ketikkan attrib -s -h *.* /s /d (lengkap dengan spasinya)
4. Layar akan terlihat tidak bereaksi untuk beberapa saat, Sabar dan tunggu, Program sedang mengerjakan perintah anda (lama tidaknya tergantung besar kapastias disk dan banyaknya file)
5. Ketika dos prompt kembali mucul, itu artinya proses selesai. Tutup jendela DOS Prompt
6. Cek Di Windows Explorer, maka akan terlihat folder-folder yang sebelumnya tersembunyi
7. Selanjutnya Hapus file berekstensi *.lnk pada root Disk Portable anda dengan hati-hati
8. Cara ini sudah saya uji dan terbukti berhasil....

Sekedar tambahan, mungkin sedikit menekan resiko autorun yang berisi script virus  melompat sendiri, Ada program Penghenti Laju Autorun namanya Autoeater. Versi terakhir release mei 2010 dapat di download di sini
Selebihnya tergantung nasib baik Anda, kalau lagi apes, bisa jadi itu data pergi tak pernah kembali (kalau sudah kompliketet be ge te, mungkin pilihannya format ulang, terus coba rekover partisi dengan software partisi manager seperti Paragon atau Partition Magic)

Terima kasih kepada ILMU GRATISAN dot com
coba deh berkunjung ke situs ini, banyak kok tips mujarab di sana, dan berkumpul pula para - pakar-pakar
5 Gombal Mukiyo: Mengembalikan Folder yang ter-hidden Virus Shortcut Seminggu lebih saya stres bukan kepalang, karena komputer kerja terkena virus shortcut, setiap memasukkan flash disk tiba-tiba data menghila...

No comments:

Post a Comment

< >